$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Mesjid Raya Bandung Mesjid Megah Kebanggaan Masyarakat Bandung

Wisata Kota Bandung - Mesjid Raya terbesar di kota bandung, yang terletak ditengah kota ,alun-alun Bandung

wisata kota bandung
Kemegahan Mesjid Raya Kota Bandung

Mesjid Raya kebanggaan masyarakat Bandung ini berada di Alun-alun kota Bandung tepat nya berada di ruas jalan Asia-Afrika. Semenjak Pemerintah Kota Bandung melakukan renovasi bangunan dan serambi masjid, tempat ibadah ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Bandung, baik untuk pelaksanaan ibadah maupun bersantai di halaman luas masjid yang memang dibuat dan di desain untuk aktivitas bersantai keluarga.

Sejarah Mesjid Raya Bandung

Sejak didirikan nya pada tahun 1812, mesjid yang dahulu bernama Mesjid Agung Bandung telah mengalami renovasi sebanyak 8 kali di abad ke 19, lalu 5 kali renovasi di abad ke 20, serta kembali mengalami renovasi lanjutan ditahun 2001, dan diresmikan sebagai Mesjid Raya Bandung oleh gubernur yang menjabat pada masa itu yaitu Bapak R, Nuryana.

Mesjid Raya Bandung didirikan bertepatan dengan pindahnya pusat kota Bandung dari Krapyak (saat ini Dayeuh Kolot) ke pusat kota saat ini. Pada awal didirikan nya bangunan Mesjid Raya Bandung berbentuk sangat sedehana, hanya ber atapkan rumbia, dengan dinding anyaman bambu ditopang oleh tiang-tiang kayu layak nya bangunan rumah panggung. Disisi bangunan di buat sebuah kolam besar yang berfungsi sebagai tempat berwudhu. Dari sinilah masyarakat mengambil air untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di alun-alun pada tahun 1825.

Mesjid Agung mengalami perombakan besar pada tahun 1955 menjelang konferensi Asia Afrika. Mengikuti rancangan Presiden RI pertama Sukarno, terjadi perubahan bangunan serta kubah yang awalnya dengan pola berbentuk Limas menjadi kubah berbentuk seperti bawang. Mesjid Agung Bandung pada masa itu dijadikan tempat ibadah Solat para peserta Konferensi Asia Afrika.

wisata kota bandung
Bentuk bangunan Mesjid Raya Bandung pada abad ke-18


Menara Utara dan Menara Barat Mesjid Raya Kota Bandung

Mesjid Raya Bandung di apit oleh dua buah menara yang memiliki ketinggian masing-masing 81 meter mengapit 3 buah kubah berdiameter 30 meter. Terdapat 1 buah lift didalam nya untuk mengantarkan orang-orang bila ingin masuk hingga ke puncak menara. Ya karena menara ini memang dibuka untuk siapa saja yang ingin naik kepuncak ketinggian menara, setiap sabtu dan minggu dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00 menara dipersilahkan untuk pengunjung yang ingin merasakan ketinggian menara sambil melihat kota Bandung dengan jelas dari ketinggian 81 meter. Untuk dapat menaiki menara kita diharuskan membayar yang disebut tiket infaq sebesar Rp 3.000 untuk dewasa, dan hanya Rp 2.000 untuk anak-anak. Karena memang masih merupakan bagian dari tempat ibadah, tentu saja kita tidak diperkenankan menggunakan alas kaki jika ingin memasukinya.

wisata kota bandung jawa barat
Rumput sintetis selalu dibersihkan secara rutin agar warna hijau tetap terlihat cerah dan indah

Ruang Publik Beralas Rumput Sintetis

Persis didepan Mesjid Raya Bandung terdapat halaman seluas kurang lebih 1 Ha dengan dasar ditutupi oleh rumput sintetis. Walikota Bandung Ridwan Kamil dianggap cukup berhasil membuat perombakan besar ruang terbuka publik di depan Mesjid Raya Bandung ini sebagai area rekreasi warga kota Bandung. Hampir setiap hari area ini dipenuhi oleh warga Bandung dari anak-anak sampai warga dewasa. Hamparan hijau rumput sintetis yang selalu dalam keadaan bersih ini memang cukup berhasil menarik minat para warga untuk melakukan bermacam kegiatan. Tidak hanya untuk lahan bermain, tak jarang para siswa sekolah menjadikan tempat ini sebagai tempat belajar kelompok diluar ruangan.

wisata kota bandung jawa barat
Alun-alun Bandung sering dijadikan tempat untuk belajar kelompok para siswa sekolah

Media Ekpresi Curahan Hati Lewat Tulisan

Terdapat sesuatu yang unik di area terbuka hijau publik ini. Ada satu lokasi yang dihiasi oleh media berbentuk seperti bola besar berdiameter 1,5 meter yang dirangkai dengan menggunakan logam menyerupai kawat tebal, dan di gantungi oleh potongan hiasan warna-warni yang terbuat dari bahan sintetis. Dari kejauhan terlihat seperti sebuah hiasan utuk menambah keindahan area ini. Apabila kita melihat lebih dekat ke ornamen ini, kita akan melihat coretan-coretan tulisan tangan yang memang sengaja ditempelkan di lingkaran logam yang berada dipinggir area hijau alun-alun Mesjid Raya Bandung ini.

Isi tulisan nya pun bermacam-macam, ada yang berisi kata-kata bijak mutiara, pantun nasihat, bermacam doa dan keinginan, kecerian hati dan banyak lagi tulisan yang akhirnya membuat orang yang datang merasa penasaran untuk membaca. Siapa saja boleh menuliskan sesuatu dan menggantungkan nya di bola besar, namun kata-kata bijak motivasi dan nasihat tentunya akan lebih berarti mengingat tulisan ini dapat dibaca siapa saja termasuk anak-anak kota Bandung penerus bangsa berusia muda yang kita sayangi.

wisata kota bandung jawa barat
Media ekspresi lewat guratan tulisan tangan

Area Permainan Anak-anak

Masih di area lapangan hijau sintetis, terdapat sebuah area kecil tempat permainan anak-anak. Disediakan permaianan ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran yang tentu saja menjadi rebutan anak-anak yang yang datang ke alun-alun kota Bandung. Memang jumlah permainan yang disediakan tidak terlalu banyak, terkadang dalam keadaan pengunjung sedang ramai anak-anak harus sabar mengantri dan bergantian menggunakan alat bermain yang ada.

wisata kota bandung jawa barat
Area permainan anak-anak

Peta Lokasi Mesjid Raya dan Alun-alun Kota Bandung




COMMENTS

Nama

angklung,1,bandung heritage,5,belanja bandung,3,budaya,2,cafe bandung,1,cemilan,1,city walk,4,fantastrip,2,funtastrip,7,informasi bandung,8,kuliner bandung,3,lingkar bandung,2,panduan wisata,4,resort bandung,1,sejarah bandung,5,sunrise,1,tahura bandung,1,wisata alam,8,wisata bandung,14,wisata kota,9,
ltr
item
Wisata Kota Bandung: Mesjid Raya Bandung Mesjid Megah Kebanggaan Masyarakat Bandung
Mesjid Raya Bandung Mesjid Megah Kebanggaan Masyarakat Bandung
Wisata Kota Bandung - Mesjid Raya terbesar di kota bandung, yang terletak ditengah kota ,alun-alun Bandung
https://2.bp.blogspot.com/-YMh4ms3eZJY/Vq4O_WuRFmI/AAAAAAAAAcg/Zcxp9-wJNfk/s850/mesjid-raya-bandung.gif
https://2.bp.blogspot.com/-YMh4ms3eZJY/Vq4O_WuRFmI/AAAAAAAAAcg/Zcxp9-wJNfk/s72-c/mesjid-raya-bandung.gif
Wisata Kota Bandung
https://www.insidebandung.com/2016/01/mesjid-raya-bandung.html
https://www.insidebandung.com/
https://www.insidebandung.com/
https://www.insidebandung.com/2016/01/mesjid-raya-bandung.html
true
3636652234722469418
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy